Selasa, 25 November 2008


Kecerdasan Iklan PKS

Pelajaran sangat berharga apa yang sudah ditunjukan teman-teman kita di PKS, banyak yang menghujat karena emosi dan kekecewaan tapi tidak sedikit juga yang menerima. tapi seorang pemikir besar selalu melihat jauh ke depan dimana kita belum paham maksud dari misi pada hari ini. kita pernah mendengar tentang perjanjian Hudaibiyah, perjanjian yang oleh banyak sahabat Nabi dicemooh bahkan Umar sekalipun sempat mengucapakan kata "padahal nabi" pada Rasulullah. tetapi seorang visioner selalu melihat kedepan, dan Allah membuktikan bahwa Hudaibiyah adalah awal dari Fathu makkah.

Kita melihat Iklan PKS yang menurut sumber tempo menghabiskan dana 3 Milyar yang hanya beredar tayang 3 hari sangat efektif dari segi pewacanaan. secara ilmu komunikasi iklan PKS sanga cerdas, kenapa cerdas?? ini analisis pribadi saya.
  • Uang PKS untuk promosi sangat tertinggal jauh dari Gerinda dan Demokrat, yang iklannya selalu ada di tv tiap hari di prime time dengan budget 17M/buln untuk Gerinda. sungguh sangat membuang uang jika melawan iklan-iklan partai politik yang bermodal besar tanpa strategi. terserah ikhwah sekalian bilang apa, tapi sangat cerdas PKS dalam mengelolah wacana. iklan 3 hari, tapi mampu membuat daya tarik bak magnet dilautan paku, sehingga semua orang dengan mudahnya tertarik dan mencari ingin tahu ada apa ini. sudah berapa jam iklan PKS ditayangkan di acara-acara TV untuk didiskusikan. secara tidak langsung hal ini menempatkan PKS mendapat spot iklan gratis di stasiun tv dengan durasi berjam-jam bahkan dikupas dengan menghadirkan narasumber dari PKS. tanpa bayar akhi, alias gratis tis tis..seorang visioner selalu memanfatkan momen dengan dana yang terbatas.
  • Bahasa komuikasi tidak bisa diungkapkan dengan satu bahasa yang bisa memuaskan semua pihak. sebagai contoh, jika kita bicara tentang sayriat islam pada saat PKS mendeklar penerapan piagam jakarta pada saat bersamaan moncong-moncong rudal amerika akan terarah ke Indonesia dan apabila PKS memenangkan pemilu tidak menutup kemungkinan kasusnya Indonesia akan menjadi sudan dan taliban jilid2 di invasi dan embargo. Namun pada saat kita menolak piagam Jakarta, cemohan dan kekecewaan akan muncul dari kalangan islam sendiri. sungguh dilematis akhi fillah, oleh karena itu butuh strategi dalam berdakwah dan butuh bahasa komunikasi yang baik pada semua pihak yang terlibat dengan kita. Berdakwah harus masuk dulu ke arena dakwah bukan hanya bisa meneriaki dari luar. bagi kalngan islam iklan PKS mungkin dianggap penghianatan, tapi bagi kalangan musuh iklan PKS itu menjadi warning karena PKS telah penetrasi ke kandang musuh. sebelum kita bicara penghianatan sebaiknya kita mengedepankan prinsip husnudzan kita pada saudara kita seiman akhi fillah.
  • Mana yang lebih menguntungkan umat islam saat ini berfikir hitam putih atau visioner seperti Rasulullah. tidak mudah diterima ide-ide visioner seperti kaum Quraisy yang menolak ide-ide tersebut. selama tidak melanggar syariah islam dan berjuang untuk kepentingan umat islam kita memang butuh waktu untuk memahami ide-ide sang visioner
Tapi Hal ini juga tidak menutup kemungkinan adanya beberapa kerugian dan perpecahan bahkan dikalangan internal PKS sendiri. ada sedikit bocoran katanya iklan tersebut lolos sensor, artinya tidak melalui mekanisme yang benar (sumber jawa pos). Terkadang kita terlalu berlebihan dalam menilai sesuatu sehingga kita menjadi manusia yang terlalu emosional. selama tidak ada yang melanggar syariat islam kenapa kita menghakimi saudara kita sedemikian rupa atas sesuatu yang kita tidak sependapat dengannya. namun akhi fillah apa mungkin terlalu cepat bagi PKS untuk memberikan gelar pahlawan dan guru bangsa bagi Soeharto?? hal ini harus dilewati sebagaimana Rasulullah menghilangkan dendam dan kebenciannya pada suku Quraisy yang dulu paling ngotot menghalangi dan memerangi Nabi Rasulullah SAW. biar waktu yang menjawabnya, apakah efek iklan ini akan memberikan kemenangan pada umat islam sebagaimana perjanjian Hudaibiyah, wallahualam..

0 comments:

Posting Komentar

Photobucket

Choose Language

Label Cloud

Thanx To Visit




ShoutMix chat widget



 

Design by Amanda @ Blogger Buster